SELAMAT DATANG DESA CIJAGRA KECAMATAN PASEH KABUPATEN BANDUNG  

Sejarah Desa

M. Robby Abubakar 27 Agustus 2016 02:38:09

Berdasarkan cerita orang tua-tua jaman penjajahan Belanda dahulu bahkan beberapa puluh tahun sebelum tahun 1844 Desa Cijagra telah terbentuk dengan nama ciburial yang dapat dibuktikan dengan bagan silsilah pemerntahan Desa.

Asal kata Cijagra pun diambil dari nama sebuah kampung yang mana terdapat sumber air yang melimpah dan merupakan sumber kehidupan bagi para pendahulu desa cijagra, salah seorang tokoh yang bisa memberi contoh kepada warga sekitarnya terutama dibidang pertanian yang mana Kp. cijagra dan sekitarnya merupakan hamparan perbukitan yang tidak terlalu terjal karena cijagra terletak di kaki gunung kasur dan gunung selasih.tokoh tersebut namanya Bapak GEDE yang mana merupakan nenek moyang penduduk desa cijagra dan sampai sekarang pun ketika masyarakat Cijagra bahkan yang berdomisili di luarpun ketika mau melaksanakan hajatan2 atau kegiatan lainnya terlebih dahulu berkunjung ke makam Cijagra yang mana disanalah bpk GEDE dimakamkan. Bapak GEDE sebagai sesepuh kampung juga sekaligus menjadi kepala Desa pada jamannya, beliau bisa membimbing dan mengarahkan dan menentukan arah pembangunan di Desa Cijagra. Dan Desa Cijagra/Ciburial pada awalnya berbatasan dengan Desa Cipedes disebelah timur, Desa Drawati di selatan, Desa Cipaku di sebelah Barat dan Desa Panyadap disebelah Utara dan telah dipimpin oleh 4 kepala desa yang waktu itu masih namanya ciburial.

  1. Bapak Gede                            1844-1859
  2. Altawana                         1860-1873
  3. Jaya                                     1874-1882
  4. Padmawinata             1883-1917 

 

Kemudian baru pada tahun 1918 Masayarakat Cijagra mengganti nama Desa Ciburial Menjadi Desa Cijagra yaitu pada masa Kepala Desa H.H Mustopa sampai sekarang. 

  • Desa Cijagra dapat berkembang terutama dibidang pertanian. H Mustopa merupakan Kepala Desa yang bisa diturut oleh masyarakatnya, beliau bisa memimpin sampai habis masa jabatannya sampai dengan tahun 1939.

 

  • Masih pada jaman penjajahan Belanda Desa Cijagra dipimpin oleh Ahmad Siroj yang merupakan hasil pilihan tokoh masyarakat yang pada saat itu tokoh masyarakat lah yang bisa memilih Kepala Desa. yaitu mereka yang mempunyai kikitir tanda bukti tanah Letter C Bapak H. Ahmad Siroj memimpin desa hingga habis masa jabatannya pada tahun 1947.

 

  • Bapak Wikaryadinata merupakan Kepala Desa selanjutnya yang bisa meneruskan jejak Kepala Desa yang terdahulunya, desa terus maju dan masyarakat aman, masalah ekonomi terutama dibidang pertanian berkembang terus, Bapak Wikaryadinata memimpin desa hingga habis masa jabatannya pada tahun 1952.

 

  • Moch Sudiman adalah Kepala Desa yang selanjutnya dan memangku jabatannya dari tahun 1953 sampai dengan 1964.jejak langkahnya masih sama seperti kepala desa sebelumnya.

 

  • Ada perubahan besar Pada tahun 1964-1984 yaitu pada masa kepemimpnan Kepala Desa Bapak Pupu Supawan. Pada masa pemerintahannya meskipun banyak partai politik yang timbul namun tetap dapat teratur Pemerintahan dapat berjalan lancar. Pada saat akhir jabatannya pada tahun 1984 terjadi pemekaran Desa Cijagra yaitu dengan desa Mekarpawitan melalui musyawarah desa pada saat itu yang dijabat oleh Bpk. Emen. Sehingga desa Cijagra semasa pemerintahannya sampai dengan sekarang desa cijagra mempunyai wilayah yang cukup strategis dalam melaksanakan pembangunan pembangunan.

 

  • Pada Tahun 1984-2001 terpilih kepala desa cijagra hasil pemilihan yaitu Bpk Eben Irtapraja yang banyak melakukan perubahan dari segala aspek bidang pembangunan dan sektor pertanian.

 

  • Kemudian pada 2001-2012 terpilih kembali hasil pemilihan kepala desa pada era baru yaitu Bpk. Cucu Rahmat pada masa ini banyak yang simpati masyarakat baik dikalangan muda sampai tua karena banyak prestasi yang diraih baik tingkat kecamatan sampai tingkat provinsi.

 

  • Berdasarkan hasil Pemilihan kepala desa pada tanggal 21 September 2012 sampai sekarang tampuk pemerintahan dipegang oleh Sdr. Jeje Supriiadi dari Cijagra. Beliau adalah seorang warga desa yang benar-benar ingin membangun dan memajukan masyarakat Cijagra di segala bidang. Ini dapat terlihat dari pembangunan fisik dan pembangunan rohani lebih maju lagi. Pembangunan di tingkat RW dan RT makin bertambah situasi keamanan terjamin ekonomi maju.

 

 

 

Demikian sekilas silsilah asal-usul dan susunan Kepala Desa Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dari jaman ke jaman semoga dapat bermanfaat untuk kiat semua.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Peta desa cijagra

Sinergi Program

PEMKAB BANDUNG
PORTAL DESA FACEBOOK JABAR
KECAMATAN PASEH
DISKOMINFO JABAR SISKEUDES LAPOR
KEMENTRIAN DESA INSTAGRAM KPU

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Cijagra No. 68 Desa Cijagra-Paseh 40383
Desa Cijagra
Kecamatan Paseh
Kabupaten Bandung
Kodepos 40383
Telepon 082218101980
Email cijagradesa04@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung